PPG UNRAM

Targetkan lulus 99 persen, PPG FKIP Unram Terapkan Praktik Baik Sebelumnya

PPG

Mataram, 8 Maret 2024 –  PPG FKIP Unram tahun ini menargetkan untuk meluluskan paling tidak 99 persen dari peserta PPG yang terdaftar pada kategori 1 tahap 3. Hal ini disampaikan pada acara rapat koodinasi yang diselenggarakan Jumat lalu 8(3) bertempat di Hotel Aston.

Harapan tersebut tidak terlepas dari pencapaian pada tahun sebelumnya yang meluluskan 98 persen dari peserta yang mengikuti UKM PPG. Dengan pencapaian sebelumnya, PPG tahun ini bertekad untuk dapat memenuhi kelulusan 99 persen, ungkap Dr. Syaiful Musaddat selaku Koordinator PPG Daljab. Target yang tinggi ini tentu dihadapkan dengan beberapa tantangan baru yang ditemui pada peserta PPG tahap 3 ini.

Tantangan pertama sudah jelas dari jumlah peserta yang mengikuti UKM PPG masih belum 100 persen dari jumah peserta keseluruhan pada tahap 3. Ini tentunya akan mempengaruhi jumlah lulusan yang ditargetkan sebelumnya. Oleh karena itu, pihak pengelola PPG FKIP Unram terus berupaya untuk menghubungi peserta PPG yang hilang kontak dalam beberapa kali kegiatan kelas.

Selanjutnya yang menjadi tantangan di tahap 3 ini adalah kisi-kisi soal mengalami perubaan dari tahap sebelumnya dan perlu menjadi perhatian bersama jika ingin mencapai target yang diinginkan. Perubahan ini direspon dengan sangat cepat oleh pengelola PPG FKIP Unram sehingga target dapat dicapai pada periode ini. “Kami sudah berkoordinasi dengan tim pengayaan untuk menyesuaikan materi pengayaan dengan kisi-kisi yang berlaku agar dapat dipergunakan pada UKM PPG tahap ini” ungkap Dr. Saiful.

Selain Kisi-kisi, proses pengunggahan dokumen studi kasus peserta PPG juga harus melalui proses pengecekan plagiasi supaya dapat lulus ke tahap selanjutnya. Beruntungnya, pihak pengelola PPG di FKIP Unram telah menyediakan fasilitas Turnitin untuk pengecekan dokumen tersebut.

Respon cepat terhadap perubahan kebijakan di UKM PPG kali ini mendapat apresiasi dari Dekan FKIP Unram, Drs. Lalu Zulkifli, M.SI., Ph.D.

Dalam sambutannya pada rapat Jumat lalu, beliau menyampaikan apresiasi nya terhadap semua tim yang telah bekerja dan berkoordinasi dalam mempersiapkan ujian akhir PPG tersebut. Tidak lupa juga beliau berpesan untuk terus menjaga kualitas lulusan supaya akreditasi prodi juga secara signifikan bisa mendapatkan predikat unggul. “Kita optimis dengan assesmen lapangan yang kita lakukan sebelumnya di salah satu prodi akan menular ke prodi lain termasuk PPG,” ungkap Dekan FKIP.

Harapannya, dengan upaya-upaya yang telah dilakukan, target yang ingin dicapai pada lulusan tahap ini mendapatkan hasil terbaik. (fu)